Sejarah Kalimalang Jakarta

--   --
Sejarah Kalimalang Jakarta

Kalimalang Jakarta

Kalimalang ialah sungai atau kali buatan yang sengaja dibuat untuk menyuplai air ke PDAM (perusahaan daerah air minum) bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, di sepanjang kalimalang tersebut semakin ramai oleh pemukiman maupun pusat perniagaan.

sejarah-kalimalangKalimalang yang memiliki panjang 20 kilometer, dari Cawang (Jakarta) sampai dengan Bekasi. Kelurahan ataupun wilayah yang mencakup di sepanjang sungai ini adalah Cawang Baru – Cipinang Melayu – Pondok Bambu – Pondok Kelapa – Lampiri – Sumber Arta – Transito – Jakapermai – Galaxi – Bumi Satria Kencana, Mall Metropolitan Bekasi dan terus sampai wilayah bekasi. Kalimalang ini sumber air bakunya berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta dan terus mengalir melalui anak sungainya menelusuri Cikampek, Cibitung, Cikarang, Tambun dan wilayah-wilayah kecil lainnya.

Sejarah Nama Kalimalang

Jalan di sepanjang kalimalang ini yang berada di samping kali memang menjadikan wilayah yang amat strategis bagi pemukiman, baik pemukiman kalangan bawah sampai atas. Bentuk maupun posisinya yang melintang (dari waduk jatiluhur Purwakarta ke Cawang Jakarta) dan tidak mengarah ke laut (utara) menjadikan sungai ini tidak lazim. Seperti yang kita tahu bahwa sungai layaknya mengarah dari hulu ke hilir, dari gunung ke laut, oleh karena itulah dulu masyarakat menyebutnya dengan Kalimalang, bahkan hingga sekarang nama itu telah melekat.

Permasalahan Jalang Macet Di Kalimalang

Jalan di sepanjang kalimalang yang mencakup 6 kecamatan ini, tak urung terjadi permasalahan kemacetan, seperti wilayah-wilayah lainnya di Jakarta. Semakin hari permasalah ini semakin pelik, terlebih ruas jalang yang sepertinya sulit untuk diperlebar disebabkan pemukiman yang sudah terlalu padat serta pertimbangan biaya yang tentunya amat mahal bagi usaha pelebaran jalan ini. Namun langkah ini memang harus ditempuh pemerintah setempat agar permasalahan kemacetan dapat diatasi atau setidaknya berkurang. Memang kata Kalimalang Jakarta ini belakangan semakin identik dengan kemacetan dan menjadi momok bagi masyarakat kota jakarta.

 

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah