Agar Rumah Aman Ditinggal Mudik

Tak terasa lebaran semakin dekat sajat. Jutaan umat muslim merayakannya hari kemenangan ini menggunakan berbagai cara. Salah satu adalah tradisi yang sangat kental di masyarakat muslim Indonesia yaitu “mudik”.  Jutaan umat Muslim akan meninggalkan rumah dalam berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Dan bagi masyarakat non-muslim pun banyak juga ikut hanyut dalam tradisi mudik ini karena liburan yang panjang.

Dalam artikel ini kami mencoba mengingatkan kembali bahwa kita tidak boleh lengah meninggalkan rumah serta harta benda di dalamnya untuk pulang kampong dalam waktu yang agak lama. Dari tahun ke tahun angka pencurian atau kebakaran  bagi rumah yang  ditinggal mudik semakin meningkat.

Berkoordinasilah dengan tetangga, pengurus RT, pengurus RW serta petugas keamanan di wilayah kita tinggal.

Beramah tamahlah secara extra kepada tetangga sekitar terutama kepada tetangga yang diketahui tidak akan mudik pada lebaran nanti, mintai tolong agar sering-sering melihat kondisi rumah anda di saat anda mudik nanti.  Pastikan anda menyimpan no telp atau HP mereka masing-masing

Jika ada salah satu dari mereka yang benar-benar dekat dan bisa anda percaya, tak ada salahnya memberikan kunci rumah kepada dia (namun tidak untuk kunci ruang pribadi seperti kamar utama), ini untuk memberikan tanggung jawab moril kepada dia agar menjaga rumah kita saat ditinggal mudik.

Jika perlu pasanglah alarm untuk mencegah masuknya orang berniat jahat ke dalam rumah kita. Atau anda bisa memasang kamera tersembunyi (CCTV) di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga atau teras selama anda mudik. Ada dapat membaca artikel Tips Cara Membeli Kamera CCTV.

Jika anda berlangganan koran atau majalah, jangan lupa memberi tahu agen tersebut agar tidak usah mengirimkannya sesuai lamanya anda pulang kampung.

Sebelum berangkat nanti, jangan sampai lupa untuk mencabut selang gas, mencabut kabel-kabel power seperti pompa air, TV, komputer dll. Kecuali kulkas, tidak perlu dimatikan, cukup perbesar saja pengatur suhu agar tidak terlalu dingin. Ini karena kulkas tidak baik untuk dibiarkan mati terlalu lama, bisa berbau dan merusak beberapa komponen. Lagipula pastinya ada makanan atau bahan makanan yang harus dalam kondisi dingin bukan?

Untuk dokumen-dokumen penting, titipkanlah kepada keluarga terdekat yang kebetulan saat itu tidak berniat untuk pulang kampong. Tips kami bagi anda yang ingin aman untuk menyimpan dokumen-dokumen penting adalah menyimpannya jauh-jauh hari di bank. Dengan menyimpan di bank anda akan bisa menyimpan segala dokumen-dokumen penting dengan aman selamanya, jadi bukan hanya saat mudik saja.

Tidak usah mematikan MCB atau “meteran listrik” jika ada tetangga yang bersedia direpotkan untuk mematikan dan menghidupkan setiap hari. Ini agar lampu-lampu tertentu bisa dibiarkan dalam keadaan hidup di malam hari. Jika perlu anda bisa minta tolong pada hansip/satpam setempat untuk melakukannya setiap hari, tentunya anda harus memberikan sedikit uang tips.

Titipkan kendaraan roda dua atau roda empat anda pada tetangga atau saudara terdekat yang memiliki space desain rumah cukup untuk itu. Jika keadaan tidak memungkinkan bagi anda untuk menitipkannya, maka cabutlah salah satu komponen mesin kendaraan tersebut, misalnya ACCU, Setir, Busi serta selangnya dll.
Jika anda memelihara binatang kesayangan, titipkanlah pada keluarga terdekat atau tetangga jika mereka bersedia. Untuk itulah anda harus rukun dan selalu menjaga hubungan baik dengan tetangga, dan pastikan bahwa dilingkungan tempat tinggal ada seorang atau beberapa yang benar-benar akrab. Tapi jika tidak ada, maka tidak ada pilihan bagi anda untuk menitipkannya pada jasa penitipan hewan peliharaan dengan mengeluarkan sedikit kocek.

Terakhir adalah saran atau tips yang sudah usang… yaitu pastikan semua pintu terkunci.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek