Tips Desain Rumah Ukuran Kecil

Mengakali areal yang sempit untuk bisa berfungsi dengan optimal

Dengan areal yang sangat terbatas, akan selalu timbul masalah kurangnya besaran ruang yang diperoleh atau luasannya yang diperoleh untuk sebuah ruangan tidak memenuhi ketentuan minimum untuk sebuah ruangan yang layak. Dalam kondisi seperti ini, kita haruslah menggunakan skala prioritas. Kita harus mengutamakan ruangan-ruangan tertentu berdasarkan fungsi. Kita dituntut untuk mempertimbangkan fungsi-fungsi yang bisa digabung dalam satu ruang. Tiadakan ruangan yang sekiranya amat jarang digunakan atau pikirkan terlebih dahulu apa saja aktifitas-aktifitas yang bisa disatukan dalam satu ruangan.

Fungsi-fungsi yang bisa digabungkan dalam satu ruangan, Penggabungan beberapa fungsi kedalam satu ruang,  adalah salah satu jalan keluar dalam solusi desain rumah kecil. Kita ambil contoh seperti sebuah dapur yang bisa diletakkan menyatu dengan ruang makan, ruang makan yang menyatu dengan ruanga keluarga, ruang belajar yang menyatu dengan kamar, ruang kerja yang menyatu dengan kamar utama. Demikian dengan kamar tidur, anak laki-laki tentunya bisa menempati kamar yang sama.

Merobah fungsi ruang berdasarkan situasi dan kondisi, Pengubahan funsi ruang berdasarkan waktu, situasi dan kondisi. Sebagai contohnya adalah ruang makan yang bisa dirobah menjadi ruang keluarga, tentunya dengan kita memerlukan type dan jenis furniture tertentu untuk bisa dengan mudah melipat atau membongkarnya. Ruangan lainnya yang bisa dirobah fungsi setiap saat ialah kamar tidur yang berobah fungsi sebagai ruang kerja pada jam-jam tertentu (bagi yang masih lajang tentunya), sekali lagi bahwa ini tentunya memerlukan furniture tertentu. Ini adalah cara yang paling efektif untuk “mengakali” sebuah desain rumah kecil. Anda bisa mendapatkan ukuran ruang dengan standart yang layak berdasarkan fungsi sebuah ruangan. Satu lagi ruangan yang bisa dirobah fungsi adalah ruang keluarga dengan sofa lipat yang bisa dirobah fungsi sebagai ruang tidur, misalnya sebagai ruang tidur bagi kerabat/saudara yang kebetulan menginap di rumah atau apartemen kita.

Tips lain untuk menyiasati rumah dengan ukuran yang kecil, ialah bahwa kita harus jeli  memilih perabotan yang bisa diterapkan dengan cara digantung. Misalnya di ruang tamu atau kerja, kita bisa menggunakan rak/lemari gantung sebagai pelengkap ruangan. Furniture yang digantung tidak terlalu membuat sebuah ruangan terkesan sempit. Juga mengenai penerapan warna untuk desain rumah kecil sangatlah berpengaruh. Lihat artikel mengenai pemilihan warna untuk sebuah ruangan.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek