Tips Mencat Dinding Rumah

--   --
Tips Mencat Dinding Rumah

Pada artikel yang berjudul Tips Mencat Dinding Rumah ini kami akan membahasnya lebih spesifik, yaitu mengenai Berapa Takaran Air Untuk Cat Dinding. Cat dinding seperti yang kita tahu adalah berbasis air dan tentunya membutuhkan air untuk meng-encer-kannya. Sedangkan kondisi nya pada saat kita beli di pasaran adalah terlalu kental. Dan memang begitulah kondisi agar konsumen meraciknya terlebih dahulu sebelum menggunakan. Mengenai bagaimana menentukan takaran air pada cat atau berapa banyak air yang dibutuhkan saat pengecatan dapat, silahkan lanjutkan membacanya.

takaran air cat dindingAir yang dibutuhkan saat mencat dinding sebetulnya tergantung oleh kualitas cat itu sendiri. Jika kondisi cat yang diproduksi oleh sebuah merk tergolong encer, tentunya kita tidak perlu terlalu banyak menambahkan air. Namun sebaliknya, jika cat tersebut kental, maka campuran air untuk mengencerkannya perlu lebih banyak. Proses men cat dinding rumah minimal harus 2x pengecatan. Pada merk tertentu, campuran air pengencer cat bisa dibaca pada kemasan cat tersebut. Salah satu produsen cat ternama merekomendasikan lapisan cat pertama, adalah cat perlu ditambahkan 20%. Lalu untuk lapis keduanya, Anda cukup menambahkan air sebanyak 10%.

Sebetulnya ada faktor lain yang juga menentukan maksimalnya hasil pengecatan, dan bukan cuma masalah takaran air. Kondisi dinding sebelum pengecatan juga amat mempengaruhi. Nah maka dari itu coba Anda perhatikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum mencat dinding rumah :

1. Jika Anda mencat dinding yang sebelumnya sudah pernah dicat, maka bersihkanlah permukaan dinding dengan menyemprotkan air secara langsung. Ini jika kondisi cat lama tersebut masih dalam kondisi benar-benar masih baik.

2. Pada kondisi dinding lama yang cat-nya hanya mengelupas sedikit sekali pada bagian tertentu, Anda bisa menutupi atau melapisinya dengan semen putih. Gunakan plat seng dengan ukuran 15×15 cm (atau beli di toko material) untuk menutupinya dengan lapisan semen putih. Ampelas sedikit setelah kering dan semprotlah dengan air menggunakan selang.

3. Dan jika kondisi cat sudah banyak yang mengelupas, terlihat sudah mengapur dimana mana atau warna cat sudah benar-benar kusam seluruhnya, maka Anda perlu membersihkan cat lama tersebut terlebih dahulu dengan cara mengikisnya. Mengikisnya bisa dengan alat pengelupas – pengikis cat yang terbuat dari plat seng atau Anda bisa mengikisnya dengan ampelas. Setelah bersih dari lapisan cat lama, lalu semprotlah dengan air kran atau guyur dengan air

4.Setelah anda menyemprot atau mengguyur dengan air untuk point 1, 2, 3, maka tunggulah beberapa saat sampai dinding tersebut mengering. Dan dinding siap untuk dicat. Bacalah terlebih dahulu petunjuk atau panduan yang ada pada kemasan cat. Semoga Tips Mencat Dinding Rumah kali ini dapat membantu.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah