Tips Memilih Pintu Rumah

Tips Memilih Pintu Rumah

Pintu Rumah

Tips Memilih Pintu Rumah Masa kecil ketika kita diberi tugas menggambar objek rumah, kita selalu akan menggambar jendela dan pintu rumah. Betul, memang kedua elemen ini termasuk bagian utama dari rumah tersebut.

Pintu perannya telah dikenal sejak lama. Kalau dulu pintu berfungsi sebagai perantara antara luar bangunan dengan dalam, atau pengubung antara sebuah ruangan dengan ruangan yang lainnya, sekaligus untuk menjaga privasi penghuni rumah, kini pintu bisa menambah nilai estetika. Sebab kini dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin memungkinkan munculnya beragam jenis, desain, ukuran, serta bahan dari daun pintu.

Saran Dan Tips Memilih Pintu Rumah

Begitu banyaknya jenis dan bentuk pintu rumah, kejelian dan kreativitas Anda dituntut dalam memilihnya sesuai penempatan dan fungsi ruangan yang akan diberi pintu. Berikut ini beberapa Tips Memilih Pintu Rumah dan model-model pintu rumah dari kami sebagai ” penyedia jasa arsitek “yang harus Anda perhatikan, diantaranya daya tahan dari pintu itu sendiri. Pastikanlah Anda memilih jenis serta bahan yang tepat. Jangan pilih yang terlalu tipis dan gampang berubah warna oleh cuaca, terutama untuk pintu utama maupun pintu eksterior.

Berikutnya adalah penampilan. Pastikan corak dan motif serta warna pintu rumah cocok dengan konsep desain rumah itu sendiri. Misalnya anda memilih desain rumah klasik lalu diberikan pintu minimalis modern, tentunya ini akan tidak cocok.  Bila konsep rumah dengan gaya etnik, bisa menggunakan pintu berukir sebagai pintu utama rumah Anda.

Kriteria lain adalah kedap suara. Selain menjaga keamanan, pintu luar sebisa mungkin bisa menjadi peredam suara bising dari jalanan. Memang dalam hal akustik ini, dinding lebih memiliki tugas, tapi pintu haruslah ikut mendukung jika anda ingin meredam suara bising dari luar atau dari ruangan terntentu. Demikian juga halnya dengan pintu kamar. Sebaiknya dipilih bahan pintu rumah yang kedap suara untuk menjaga privasi dari penghuni kamar tersebut.

Kriteria berikutnya dari pintu rumah yang baik adalah mendukung sirkulasi udara antar ruangan. Sebaiknya penempatan pintu rumah disesuaikan arah dengan sirkulasi udara agar udara dapat mengalir dari luar ke dalam rumah, juga sebaliknya.

Bila anda ingin cahaya alami ke sebuah ruangan (terutama pada pintu luar), pintu berelemen kaca menjadi pilihan tepat. Anda bisa menambahkan gorden untuk memperindah pintu tersebut sekaligus berfungsi untuk meredam panasnya sinar matahari dari luar. Lihat pintu rumah dengan ventilasi >>

 

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek