Desain Rumah Yang Nyaman

--   --
Desain Rumah Yang Nyaman

Tinggi Ruangan Yang Cukup

Bila rumah atau kantor menggunakan pencahayaan dan system pengudaraan secara alami atau kombinasi dari keduanya, peninggian ruangan dan peninggian kemiringan atap merupakan cara paling efektif untuk membuat ruangan agar memiliki udara yang cukup. Namun untuk rumah atau kantor yang menggunakan energy buatan, baik cahaya maupun system pengudaraan, cara ini sangatlah tidak disarankan, karena melihat besarnya volume dari ruangan yang jarak antar lantai dan plafond tinggi maka ini merupakan pemborosan.

Ventilasi Dan Jendela Yang Banyak

Pemasangan di berbagai titik dan tidak hanya pada dinding bangunan sangat efektif memberikan udara segar yang cukup bagi sebuah ruangan. Ventilasi tapi juga dapat dipasang pada sopi-sopi atau atau dibuatkah saluran sirkulasi udara pada plafond apabila sebuah ruangan tidak memungkinkan untuk diberi ventilasi. Sementara untuk cahaya maksimal tentu harus dibuatkan bukaan sinar dan jendela, bovenlight, roster atau kaca motif. Dengan banyaknya cahaya yang masuk dan dan kombinasi tata udara menyilang akan didapat rumah yang sejuk.




Teras

Salah satu ruang yang sangat penting untuk rumah yang nyaman adalah teras, karena dengan adanya teras akan sedikit meredam masuknya cahaya dan angin secara langsung. Teras, beranda dan konsul di daerah pintu masuk dan jendela akan mengurangi radiasi matahari yang masuk secara langsung sehingga diperoleh rumah yang tidak panas.

Penerapan Warna

Dengan penerapan warna secara tepat antara warna gelap dan warna terang berdasarkan fungsi ruang akan diperoleh kenyamanan tersendiri yang terkait dengan sifat warnanya. Juga bagi sebagian ruangan akan diperlukan penegasan serta pembedaan warna pada ketinggian tertentu. Contohnya warna pada dinding kamar mandi akan dibuat lebih gelap dari lantai sampai dengan ketinggian 145cm, selebihnya sampai pada ketinggian plafond diberikan warna yang lebih terang.

Penggunaan Ornamen Batu Alam

Bahan-bahan bangunan yang asli atau terbuat dari material alam seperti batu susun sirih, batu palimanan, batu candi, serta batu bata bali akan mampu menyerap panas lebih maksimal dan menahan suhu sejuk lebih lama. Ini dapat dilihat pada bangunan-bangunan tradisional yang umumnya dibuat tinggi dan dibentuk dari material alam sehingga akan lebih nyaman ditempati. Material ini juga akan menimbulkan kesan alami… sangat mendukung untuk desain rumah yang nyaman… Secara alami persyaratan tersebut mutlak harus diperhatikan saat akan membangun rumah bila diinginkan rumah yang nyaman, sejuk dan lega. Terutama bila luas lahan yang dimiliki mencukupi dan biaya tersedia. Namun, bila lahannya sempit dan biaya terbatas, maka perlu pemikiran teknis untuk merekayasa syarat-syarat tersebut. Rekayasa teknis tersebut dapat berupa perencanaan arsitektur atau dengan tata cahaya dan tata udara buatan, yang menjadi pedoman bagi para arsitek berpengalaman, ahli dan handal.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah