Alasan menggunakan AC

--   --

Beberapa kondisi dan alasan dimana sebagian orang merasa perlu menggunakan AC

  • Kondisi suhu yang bisa kita seting sesuai dengan titik dimana kita bisa merasa nyaman.
  • Meredam polusi sekitar, terutama pada kondisi dimana suatu bangunan berada di area industri yang penuh dengan debu serta bau tidak sedap.
  • Elemen pendukung suatu desain dari suatu bangunan. Pd kondisi saat ruangan tidak memunkinkan untuk mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, maka AC akan sangat membantu. Misalnya ruang yang dikelilingi oleh ruangan-ruangan lainnya atau ruangan yang berada dalam suatu ruangan.

Keuntungan menggunakan AC

  • Bisa mengatur suhu udara serta kelembaban suatu ruangan hingga kita tidak merasa “gerah”.
  • Dengan adanya fungsi filter pada AC serta teknologi saat ini, maka udara yang dihasilkan akan lebih bersih. Lebih bebas bakteri dan partikel debu dibanding jika tidak menggunakan AC. Dalam keadaan terawat, kualitas udara tetap akan¬†terjaga.
  • Kondisi suhu yang bisa kita atur sesuai dengan titik dimana Anda bisa merasa nyaman.

Kekurangan menggunakan AC

  • Konsumsi listrik yang menyebabkan membengkaknya anggaran rumah tangga atau perusahaan.
  • Dampak lingkungan yang kurang baik, jika AC tidak dalam keadaan terawat.
  • Bagian sebagian orang akan merugikan dengan suhunya yang dingin dan tingkat kelembaban yang kurang. Terutama dampak bagi kulit yang menyebabkan kekeringan.

Namun segala kekurangan tersebut bisa diminimalisir dengan merawat AC secara berkala.

Cara menentukan daya AC untuk sebuah ruangan

Satuan daya AC yang tersedia di pasar disebut dengan satuan PK. Umumnya untuk perumahan menggunakan satuan PK 1/2 sampai dengan 6 PK. Pada saat kita membeli AC tanyakan pada penjual nilai satuan ini, atau umumnya anda bisa juga melihat di kemasan AC itu sendiri.Untuk bangunan komersil atau industri tentunya memerluka daya yang lebih besar daripada penggunaan rumah.
Hal lain yang perlu diketahui dalam membeli AC adalah agar kita mengetahui yang disebut dengan BTU (British Thermal Unit). Ini satuan untuk menentukan suhu rendah. Sebagai perbandingan PK dengan BTU adalah: 1 PK sama dengan 9.000 BTU, 3/4 PK sama dengan 7,000 BTU dan 1/2 PK sama dengan 5,000 BTU.
Nah, bagaimana cara menentukan daya AC berapa yang dibutuhkan untuk ruangan anda? Di sini kita ambil sebagai contoh luas ruang 3x4m2, maka anda harus mengalikan luas ruangan tersebut (12m2) dengan koefisien kebutuhan AC yaitu 0,044 lalu kalikan lagi dengan nilai 10.000. Hasil yang didapat dalam perhitungan tadi adalah 5.328 BTU, setara dengan AC berdaya 1/2 PK. Nah gunakanlah AC berdaya seperti hasil perkalian tadi. Ini akan mengoptimalkan penggunaan AC serta bisa menghemat penggunaan listrik.

Rawatlah AC anda secara berkala

Di sini kami akan memberikan beberapa tips tentang perawatan AC yang pastinya bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil ahlinya. Nantinya tindakan ini perlu kita lakukan disamping pada jangka yang lebih panjang, anda tetap harus menggunakan “jasa tukang AC”. Misalnya anda harus memanggil tukang AC dalam 6 bulan sekali, maka tindakan perawatan yang bisa anda lakukan sendiri ini perlu dilakukan setidaknya 2 bulan sekali. Pada dilokasi yang kondisinya berdebu atau kotor, maka dari itu harusnya lebih sering lagi, misalnya setiap 1 bulan.
Yang mungkin tidak bisa anda lakukan sendiri adalah membersihkan outdoor atau AC bagian luar yang kotor. Apabila outdoor ini kotor, sangatlah memungkinkah untuk kuman dan debu masuk ke dalam ruangan. Tentunya dampak lain apabila outdoor dibiarkan lama dalam keadaan kotor adalah kerusakan. Debu dan kotoran yang menutupi filter outdoor akan menyebabkan sulitny@ AC untuk membuang panas. Secara langsung ini menyebabkan penggunaan daya listrik yang berlebihan.

Langkah untuk membersihkan indoor AC

  • Buka tutup bagian luar AC. Beberapa merk AC terdapat lekukan untuk memudahkan anda dalam membuka bagian ini.
  • Apabila tutup sudah terbuka, maka keluarkan filternya. Pada merk tertentu ada juga yang filternya bisa dikeluarkan tanpa harus membuka penutup. (lihat gambar di bawah)
  • Umumnya filter AC dari berbagai merk berbentuk seperti ini, berwarna hitam tapi ada juga yg berwarna putih. Bersihkan dengan menyemprotkan air menggunakan selang. Atau jika ada kotoran atau debu yang membandel, gosok/sikatlah dengan spon. Setelah selesai angin-anginkan sampai benar-benar kering.
  • Menunggu filter tersebut kering, bersihkanlah indoor tersebut dengan kain lap terutama pada bagian kisi-kisi bagian dimana angin dingin keluar. Dengan melakukan ini selain AC kita akan bersih dan tidak mengganggu kesehatan, AC anda akan tetap tampak seperti baru.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah