Ruangan Dalam Rumah Terasa Panas

--   --
Ruangan Dalam Rumah Terasa Panas

Pada musim panas ini, biasanya kita selalu mengeluhkan suhu di dalam rumah yang naik. Rumah  terasa gerah atau panas karena masuknya sinar matahari melalui jendela rumah secara langsung. Walau kita sudah mencoba untuk menutup jendela tersebut dengan gorden, namun sinar matahari yang menerpa tersebut masih saja ruangan dalam rumah terasa panas. Bagi sebagian orang yang memiliki “uang lebih”, tentunya akan memutuskan membeli perangkat elektronik AC untuk mengatasi rumah yang terasa panas atau gerah.

Sebetulnya untuk mengatasi panas/gerah atau meredam sinar matahari yang masuk ke dalam rumah masih banyak cara lain selain menggunakan AC. Cara yang lebih alami, ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Lagipula menggunakan AC tentunya kita tahu bahwa itu dapat menyebabkan membengkaknya tagihan listrik.

Menurut penetian, dengan cara sederhana seperti memasang satu set tirai warna-warni untuk menutupi di jendela, sudah dapat mengurangi suhu panas matahari sekitar 33%. Itu hanya salah satu cara agar Anda bahwa mengandalkan AC bukanlah satu-satunya cara agar ruangan di dalam rumah terasa sejuk dan tidak panas (gerah). Coba ikuti beberapa tips kami berikut ini:

Kisi-Kisi, Jalusi Atau Krapyak
contoh jalusi krapyak krepyak atau kisi-kisi jendelaAnda bisa memanfaatkan penutup jendela seperti ini di rumah, biasanya orang menyebut dengan kisi-kisi atau krapyak dan juga ada yang menyebutnya dengan jalusi. Jendela yang diberi krepyak dapat membantu dalam mengurangi suhu dari panasnya terpaan matahari. Dengan menggunakan kisi-kisi ini, pencahayaan alami ke dalam ruangan tetap terpenuhi. Penggunaan krepyak ini dapat mengurangi suhu panas sebesar 45%.

Anda bisa menerapkan krepyak ini pada jendela rumah yang menghadap barat atau timur, karena dari arah itulah sinar matahari datang.Selain itu penampilan krepyak ini cukup menarik.

Window Blinds
gambar jendela ditutup horizontal Blindscontoh jendela dengan Vertical BlindsPenggunaan Window Blind bahkan lebih efektif dan biasa digunakan di gedung-gedung perkantoran. Window Blind ini dipasaran biasanya terbagi 2 type, yaitu vertikal blind dan horizontal blind. Dari namanya, tentu Anda dapat membedakan.
Window blinds ini mampu menahan panas sebelum akhirnya masuk ke dalam rumah melalui jendela sekitar 80%. Dan jika Anda menggunakan window blinds ini, maka rumah akan terlihat modern dan hi-tech. Bisa dijadikan elemen arsitektur dan cocok untuk Anda yang mengingkan penampilan rumah minimalis.

Awning
contoh awningawning untuk terasAnda sebagai pemilik rumah, tetapi menawarkan pertahanan yang sangat baik terhadap sinar matahari, terutama Anda yang tinggal di daerah cuaca panas terus-menerus. Awning eksterior dapat mengurangi keuntungan panas matahari hingga 65 persen untuk jendela yang menghadap ke selatan dan 77 persen untuk jendela menghadap ke barat.
Tak hanya itu, Awning juga dapat menambah nilai estetika pada penampilan rumah Anda. Beberapa jenis seperti Awning buram dapat lebih meredam sinar matahari lebih baik, dan ada juga jenis awning berwarna terang yang daya redam panasnya tidak sebagus berjenis buram.

Kaca film
kaca film untuk jendelaCara ini adalah dengan melapisi atau menempelkan semacam lembaran sticker berwarna gelap pada kaca jendela rumah. Sticker yang dinamakan Kaca Film ini dapat meredam panas serta memantulkan panas tersebut ke luar, sehingga bisa mengurangi suhu panas yang masuk ke dalam ruangan.
Biasanya kaca film kita kenal untuk penggunaan kaca mobil, namun sebetulnya dapat juga digunakan untuk kaca bangunan. Gedung-gedung perkantoran, hotel, apartemen saat ini semakin banyak menggunakan metode ini untuk meredam panas sinar matahari.
Kaca film ini juga bisa mengurangi cahaya yang terlalu berlebihan untuk masuk ke sebuah ruangan. Selain itu kaca film juga dapat menghalangi pandangan dari luar ke dalam ruangan, jadi privacy Anda lebih terjaga. Cara ini juga lebih murah dan praktis dalam hal pengerjaannya.

Atap Over stage Atau Overhang
overstage atau overhang untuk terasoverhang atau overstage untuk jendela rumahAtap overstage atau overhang atap kurang lebih sama dengan awning yang membedakan hanya materialnya saja. Sebetulnya pada bagian tertentu seperti teras, over hang atau over stage ini merupakan atap yang menjorok ke depan melewati dinding. Biasanya dapat ditempatkan di atas jendela, teras ataupun balkon. Atap overhang – over stage tidak dapat melindungi Ruangan Dalam Rumah agar tidak Terasa Panas atau gerah, tapi juga dapat melindungi ruangan dari curah hujan.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah