Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali merupakan jenis pondasi yang paling banyak digunakan untuk konstruksi rumah tinggal. Disamping kekuatannya yang sudah teruji, bahan-bahannya juga mudah didapatkan di negara seperti Indonesia ini. Pondasi batu kali ini umum dibuat untuk menahan beban tembok atau dinding di atasnya. Jika sebuah rumah dibangun sebanyak 2 lantai atau lebih, maka pondasi seperti ini perlu dikombinasikan dengan pondasi jenis lain. Ukuran tinggi umumnya adalah 60 cm sampai dengan 80 cm.  Berikut adalah gambar pondasi batu kali untuk bangunan rumah tinggal.

gambar-pondasi

 

Dapat Anda lihat pada gambar di atas bahwa pondasi batu kali diatas berbentuk trapesium utuh. Ini digunakan di area tengah lahan atau di dalam lahan. Di kedua kaki memiliki sudut miring yang sama sedangkan pada gambar di bawah dapat dilihat bahwa pada salah satu sisi pondasi memiliki sudut 90 derajat tidak sama dengan sudut lainnya. Ini agar kaki pondasi tidak menjorok ke arah sisi luar lahan (lahan tetangga).

pondasi-batu-kali

 

Denah Pondasi Batu Kali – Dapat Anda lihat di bawah, gambar denah pondasi dengan ukuran 16.97 m x 5.52 m, dimana terdapat dua jenis pondasi (jika dilihat dari atas). Pada lingkaran A adalah tampak dari atas untuk type pondasi pertama dan lingkaran B adalah tampak atas untuk type pondasi batu kali ke dua.

 gambar-denah-pondasi-batu-kali

 

Dalam menghitung RAB atau Rencana Anggaran Biaya, pekerjaan pembuatan pondasi batu kali jika diborongkan pada tukang ataupun kontraktor, biasanya dihitung dalam satuan m3 atau bisa juga jumlah panjangnya, tergantung kesepakatan.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek