Mengenal Cooker Hood

--   --
Mengenal Cooker Hood

Dalam artikel kali ini diharapkan dapat menambah wawasan Anda yang ingin lebih jauh mengenal cooker hood. Desain dapur sehat seharunya memilki sirkulasi udara yang cukup baik. Dan sejatinya sebuah dapur haruslah memiiki bukaan minimal dari 1 sisi agar bisa dibuatkan jendela. Dan melalui jendela inilah sirkulasi udara yang baik dapat terpenuhi. Namun saat ini semakin banyak saja rumah yang tidak bisa memenuhi standart tersebut dikarenakan keterbatasan lahan. Kenyataannya banyak dari kita yang memiliki dapur namun tidak bisa membuatkan bukaan (berupa jendela) untuk sirkulasi udaranya. Alhasil udara dari dapur bisa mengalir ke ruangan yang tak seharusnya dilalui oleh udara panas dan bau dari aktifitas masak memasak.

Apakah Cooker Hood Itu ?

Oleh karena itu, maka diperlukan alat atau teknologi yang mendukung agar udara dari dapur dapat dibuang keluar rumah, atau ke ruangan lain. Alat tersebut dinamakan Cooker hood, yang amat berguna untuk menghisap udara panas dan berbau tajam dari dapur. Dengan dihisapnya udara tersebut, maka dapur akan berusaha mengambil udara yang lebih bersih melalui ruangan lain. Nah, dalam menentukan type cooker hood mana saja yang cocok digunakan, akan kami bahas di sini. Agar tidak salah dalam memilih jenis cooker hood yang cocok bagi dapur Anda.

Model dan Type Cooker Hood

Berdasarkan bentuk, type ataupun modelnya, cooker hood ini dapat dibagi atas beberapa bentuk, seperti :

Cooker Hood Type Chimney : Model Chimney ini memiliki cerobong yang biasanya diletakkan dekat dengan dinding tepi ruangan dan berukuran besar

Cooker Hood Type Slimline : Bentuk type slimline ini mirip dengan model chimney, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Bentuknya paling sederhana, tipis, dan biasanya diposisikan di pinggir ruangan dekat dengan dinding. Jenis ini tak memiliki cerobong.

Cooker Hood Type Island : Dinamakan type island atau pulau dikarenakan cooker hood jenis ini dibuat untuk diposisikan di tengah-tengah ruangan dan memiliki corong yang dapat menghisap udara.

contoh type model dan jenis cooker hood

Sistem Pembuangan Cooker Hood

Sistem Pembuangan Evakuasi : System ini adalah dengan cara menghisap udara kotor, lalu dikeluarkan melalui sebuah pipa ke ruangan terbuka ataupun ruang an yang memang telah disediakan khusus untuk pembuangan udara kotor.

Sistem Pembuangan Resirkulasi : Sistem ini, uap ataupun udara serta bau dari aktifitas masak-memasak dihisap untuk kemudian diproses lagi agar bisa kembali bersih. Kemudian udara yang telah bersih tersebut dialirkan kembali ke dapur.

Daya Hisap Cooker Hood

Setelah sedikit mengetahui model, type dan system pembuangannya, kini Anda juga perlu untuk mengetahui daya hisap cooker hood ini. Kekuatan hisap cooker hood ini ditentukan dari kemampuannya untuk menghisap per m3 dalam 1 tiap jamnya. Umum Daya hisap cooker hood yang dijual di pasaran ada beberapa pilihan kekuatan daya hisap, yaitu 500 m3 sampai 800 m3 per jam dan di atas 800 m3 per jam. Kekuatan daya hisap ini bergantung pada beberapa faktor, pertama adalah melihat volume ruangan dapur Anda. Semakin besar ruangan dapur, maka berarti semakin besar pula diperlukan kekuatan daya hisap cooker hood. Konsultasikan pada penjual mengenai hal ini dan informasikan besaran ruangan dapur yang Anda miliki, ini agar Anda bisa mendapatkan cooker hood dengan daya hisap yang maksimal bagi ruangan tersebut.

Faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih daya hisap cooker hood ini adalah seberapa sering akitifitas masak-memasak Anda dan berapa lama pekerjaan tersebut berlangsung setiap harinya. Jika Anda orang yang hobby memasak dan sering berlama-lama di dapur hanya untuk memasak, maka pertimbangkanlah untuk membeli cooker hood berdaya hisap yang lebih kuat. Tetapi yang perlu Anda ingat bahwa semakin besar daya hisap si cooker hood, maka pemakaian daya listrik akan semakin besar pula.

Agar Cooker Hood Awet

Agar dapat awet – berumur panjang atau dapat berfungsi maksimal, Anda perlu mengenal cooker hood lebih jauh karena cooker hood ini tentunya memerlukan perawatan. Salah satu yang harus Anda perhati adalah kebersihan filter-nya perlu dijaga. Bagian ini adalah bagian yang paling memerlukan perawatan dan pembersihan. Dengan seringnya cooker hood ini digunakan, maka akan mempercepat debu maupun minyak untuk menempel di permukaannya . Jadi Apakah Cooker Hood Itu bertype Chimney, Slimline, maupun Type Island serta berapun kekuatan hisapnya, mutlak harus dilakukan pembersihan berkala agar bisa bekerja maksimal dan berumur panjang agar dapur Anda senantiasa sehat.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah