Menanam Pohon Di Atap Rumah

TAHUN, ini konsep rumah hijau yang menjadi tren bagi masyarakat perkotaan. Konsep rumah hijau itu mulai dari penerapan cat berwarna hijau, banyak menanam pohon dan rumput sekitar rumah.

Namun, ada cara yang ekstrim membuat konsep rumah hjjau, yaitu menanam pohon di bagianĀ  atap rumah. Cara ini dilakukan untuk rumah-rumah yang terletak di lingkungan rumah yang padat penduduk.

Pohon yang ditanam pun khusus yaitu pohon berukuran sedang, seperti bonsai atau tanaman sekelas anthorium. Bobot tanaman ini untuk menyiasati beban atap rumah agar tidak tidak terlalu berat. Jika beratnya berlebih, khawatir membahayakan penghuni rumah yang ada di bawahnya.

Untuk menciptakan ruang hijau di atap rumah, langkah awalnya yaitu dengan menciptakan batas pada sisi-sisi atap rumah. Batas ini bisa dibuat pakai bata dan dilapisi semen ataupun papan kayu.

Fungsinya adalah menampung tanah yg akan digunakan untuk menanam dan tanah pun tak jatuh ke bawah. Untuk memadatkan, gunakan rumput hias supaya mengikat tanah dan menghindari dari erosi. Setelah itu, barulah penanaman pohon dapat dikerjakan. uzi

 

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek