Membuat Ruangan Yang Nyaman Untuk Beristirahat

--   --
Membuat Ruangan Yang Nyaman Untuk Beristirahat

Sebagian orang mengatakan tidak baik terlena didalam comfort zone . Tetapi, zona inilah yang justru diperlukan bagi sebuah bagi penghuninya untuk bersantai. Dan kenyataannya banyak orang yang selalu memikirkan membuat ruangan yang nyaman untuk beristirahat di rumah mereka.

tips agar ruangan menjadi nyamanRumahku adalah istanaku. Kalimat ini tentu klise bagi kita semua. Artinya yang seperti kita tahu bahwa seburuk apapu apapun rumah kita, tetap tetap merupakan tempat di mana kita dapat beristirahat serta melepaskan lelah fisik dan pikiran sesudah beraktivitas seharian. Oleh karenanya ruangan yang nyaman, bagi penghuni ialah merupakan hal terpenting dalam sebuah rumah.

Ruangan Yang Nyaman di sebuah rumah erat kaitannya dengan penataan ruangannya. Maka buatlah setiap ruang di rumah agar menjadi tempat yang benar-benar nyaman. Jika tidak memungkinlam, setidaknya satu atau dua ruangan yang ada di dalamnya.

Kita tidak perlu bingung-bingung dalam menentukan ruangan mana yang harus dirancang lebih nyaman. Manusia pada umumnya akan lebih nyaman berada di ruang yang tidak terlalu luas. Misalnya di kamar tidur, ruang TV, ruang keluarga.

Saat beranjak dewasa, orang juga memerlukan sebuah ruang gerak yang cukup. Terkadang manusia membutuhkan sedikit ‘kekosongan’, dalam artian bahwa tidak melakukan aktifitas apapun. Seperti meditasi yang ringan yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itulah dalam tradisi di Bali terdapat sebuah area seperti gazebo dengan nama Bale Bengong ditempatkan salah satu sudut rumah. Sesuai dengan namanya, ruangan ini berfungsi sebagai tempat untuk melepas lelah serta meringankan beban yang ada dipikiran setelah beraktifitas seharian. Di dalam ruangan ini kita hanya perlu duduk-duduk sambil menatap langit atau alam sekitar.

Melihat nilai psikologis seperti yang diceritakan di atas, tidak ada salahnya kita membuat ruangan sudut di dalam atau luar rumah. Untuk di dalam rumah, zona yang nyaman ini bisa dibuat di ruang keluarga misalnya. Atau juga di sudut lain yang terlindung dari hal-hal yang sekiranya mengganggu kenyamanan seperti kebisingan. Ruangan ini tidak perlu dihias aksesoris berlebihan. Cukup sediakan saja sebuah tempat duduk dilengkapi dengan bantal empuk. Akan lebih baik lagi jika area ini cukup terbuka supaya kita dapat memandangi alam sekitar atau kita dapat merasakan semilirnya angin, hangatnya sinar matahari atau wewangi tumbuhan. Walau kecil, asalkan nyaman dan hangat. Semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin membuat ruangan yang nyaman untuk beristirahat.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah