Lantai Carport

--   --
Lantai Carport

Lantai carport harus terbuat dari beton yang dibuat dengan adukan khusus, karena lantai carport memerlukan tingkat kekuatan tertentu dari beban mobil yang bisa saja berada di ruang tersebut dalam tempo cukup lama.

Komposisi beton setidaknya menggunakan perbandingan adukan1/2:2:3. (semen:pasir:kerikil). Selain itu juga, membuat lantai carport ini haruslah memiliki fondasi rolag di sekelilingnya supaya tidak mudah bergerak, labil atau bahkan pecah disebabkan beban yang ada di atasnya. Sesudah lantai beton tersebut selesai dibuat, maka lantai tersebut dapat saja dibiarkan dalam keadaan terekspos betonnya atau bisa juga dilapisi penutup lantai seperti keramik khusus carport, batu sikat, batu pecah dan lain-lain.

Terdapat dua pilihan cara menutup lantai yang bisa Anda terapkan. Diantaranya adalah:

Menutup lantai hanya di area yang dilewati ban mobil. Artinya, penutupan lantai carport tidak secara keseluruhan, hanya pada jalur ban mobil. Perkerasan terbatas seperti ini bertujuan agar area di sekitarnya tetap alami, terbuka untuk dapat menyerap air hujan atau dapat juga ditanami dengan tumbuhan seperti rumput. Sehingga suasana carport tetap tampak hijau. Cara membuat lantai carport yang sebagian lantainya terdiri dari tanaman hidup seperti rumput tentunya memerlukan sinar matahari, agar si rumput dapat bertahan hidup.

Menutup lantai carport secara keseluruhan dengan beton. Cara perkerasan yang menutupi seluruh bagia permukaan lantai carport seperti ini akan membuat sirkulasi mobil menjadi lebih nyaman dan mudah. Penutupan bisa saja menggunakan beton semen, atau bisa juga dengan menyusun paving block, memasang keramik, memasang batu pecah atau batu sikat. Walaupun cara seperti ini dapat saja memudahkan kendaraan untuk diparkir, tapi kekurangannya adalah bahwa ini akan menghilangkan sebagian area hijau, apalagi jika rumah Anda memiliki lahan terbatas maka akan tidak ada sama sekali area yang bisa ditanami tumbuhan hijau, habis ditutupi oleh beton penutup lantai carport.

contoh-lantai-carport gambar-lantai-untuk-carport

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah