Kelebihan Dan Kekurangan Berinvestasi Ruko

--   --
Kelebihan Dan Kekurangan Berinvestasi Ruko

Rumah toko adalah merupakan properti komersial yang saat ini cukup menjanjikan untuk dijadikan investasi, namun baca dulu artikel Kelebihan Dan Kekurangan Berinvestasi Ruko ini sebelum Anda mencoba untuk menggelutinya. Dalam buku “Menjadi Kaya Melalui Properti” yang ditulis oleh Panangian Simanungkalit menerangkan bahwa dibandingkan investasi sewa rumah, maka investasi dalam betuk bangunan ruko ada kelebihan tersendiri, tapi di sisi lain ada juga kelemahannya.

Berikut kami uraikan beberapa kelebihan atau keuntungan serta kekurangan dalam berinvestasi ruko

Keuntungan Atau Kelebihan Berinvestasi Ruko

Kontrak sewa umumnya lebih panjang dari sewa rumah, yakni antara 2-3 tahun. Pasalnya, penyewa ruko harus mempertimbangkan atau memperhitungkan keuntungan yang didapatnya dengan menyewa dengan jangka waktu lebih lama (yang tentunya semakin lama jangka sewa, akan semakin murah biaya sewa), terlebih apabila penyewa memang sudah merasa cocok dengan di lokasi ruko tersebut. Adakalanya, penyewa ruko baru mendapatkan titik impas atau break even point pada tahun kedua. Dengan perhitungan menyewa ruko tersebut selama 3 tahun, maka pada tahun ke tiga, mereka akan dapat menikmati laba bisnisnya di lokasi ruko itu.

Capital rate ruko berkisar antara 6% – 9 %. Tingkat pengembalian pada investasi ruko akanlebih besar jika dibandingkan dengan bisnis rumah sewa. Ini dikarenakan luas bangunan ruko yang lebih besar jika dibandingkan dengan luas tanahnya. Selain itu pula pada umumnya ruko berada di daerah yang bisnis yang ramai dan memiliki prospektif secara ekonomis, semisal di dekat pasar ataupun pinggiran jalan raya, dekat dengan pusat perbelanjaan, serta pusat hiburan sebuah kota.

Permintaan akan ruko tergolong tinggi, terutama pada kawasan industri, perdagangan, bisnis, dan hiburan. Di wilayahan-wilayah seperti ini, ruko dapat menjadi pendukung ekonomi dan bahkan bisa dijadikan motor utama penggerak roda ekonomi pada sebuah daerah.

Kekurangan Dan Kerugian Berinvestasi Ruko

Prospek bisnis ruko amat bergantung pada lokasi dimana ruko tersebut akan dibangun. Sebuah ruko hendaklah dibangun di lokasi-lokasi yang ramai, pinggir jalan raya, dekat kawasan industri, ataupun dekat dengan pusat perbelanjaan, hingga kemungkinan besar ruko tersebut akan banyak peminat. Sebab, ruko ialah produk properti yg amat tergantung pada kondisi seperti disebutkan di atas: ramai, memiliki traffic lalu lintas jalanan tinggi, prospek bagus dan lain-lain.

Ruko amat peka dengan kondisi pereekonomian sebuah wilayah terlebih sebuah negara, ini karena ruko dipergunakan sebagai tempat berbisnis. Dan bila kondisi sebuah negara ataupun wilayah memburuk perekonomiannya, maka besar kemungkinan para penyewa akan berhenti untuk menyewanya atau mencari lokasi bisnis yang lebih murah seperti menyewa rumah  tinggal untuk dijadikan tempat berbisnis/berdagang jika memungkinkan.

Tentunya hal seperti ini berbeda sekali dengan bisnis sewa rumah yang bagaimanapun kondisi perekenomian sebuah negara/wilayah, maka penyewa tetap harus terus menyewanya untuk tempat tinggal dengan kata lain bahwa rumah sewaan merupakan kebuhan primer bagi penyewanya.

 

Tips untuk Anda yang berniat membeli ruko adalah: hindari  yang berlokasi dilingkungan sepi. Baru dibuka dan tidak strategis (walaupun harganya murah atau desain ruko bagus), sebab kemungkinan besar wilayah sekitar lokasi ruko tersebut akan sepi atau membutuhkan waktu yang lama agar menjadi ramai. Berkonsultasilah pada konsultan bisnis atau orang yang benar-benar bisa membaca situasi mengenai hal ini dan semoga Anda mendapatkan manfaat setelah membaca artikal Kelebihan Dan Kekurangan Berinvestasi Ruko ini.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah