Kekurangan atau Kerugian Tinggal di Apartemen

--   --
Kekurangan atau Kerugian Tinggal di Apartemen

Selain kelebihan tinggal di apartemen, tentu ada juga kekurangan atau kerugian tinggal di apartemen yang perlu untuk diketahui. Seperti biaya perawatannya (maintenance fee) ataupun service charge yang mutlak harus dibayarkan setiap bulannya. Biaya-biaya seperti ini adalah untuk membayar penggunaan listrik, kebersihan tempat umum, lift, biaya tenaga keamanan, dan lain-lainnya. Biaya ini umumnya dihitung per-meter persegi (dari apartemen yang dimiliki) oleh pengelola apartemen yang dimiliki.

Jika Anda memilih untuk tinggal di apartemen, maka tidak sebebas dibandingkan jika tinggal di rumah konvensional, ini karena terdapat berbagai peraturan dari sang pengelola yang mutlak harus dipatuhi. Semisal larangan untuk membawa binatang peliharaan. Nah, bagi Anda yang menyukai tanaman hidup, tentunya Anda juga tidak dapat bebas untuk menanam banyak tanaman, ini karena tidak terdapat lahan yang bisa ditanami, kecual jika apartemen Anda memiliki balkon dan itupun Anda harus menanamnya di dalam media pot. Anda juga harus menahan untuk mendengarkan musik dengan volume keras atau aktifitas lainnya yang akan mengganggu tetangga. Ini karena dinding kita benar-benar bersebelahan dengan dinding tetangga. Hal lainnya adalah bahwa luasan apartemen yang terbatas, ini mungkin tidak begitu disukai bagi Anda yang sudah terbiasa tinggal di rumah berukuran ukuran luas.

Tingkat interaksi dan sosialisasi dari penghuni apartemen sangatlah sedikit. Mereka jarangnya bertemu satu dengan yang lainnya dan ruangan yang serba tertutup memperkecil aktifitas sosial antar tetangga. Ditambah pula dengan tingkat kesibukan penghuninya yang tinggi, membuat sikap tolong menolong dan keakraban sesama penghuni tidak sekental perumahan konvensional.

Nilai investasi dari unit apartemen untuk jangka panjang akan lebih rendah jika dibandingkan dengan berinvestasi pada rumah konvensional. Jika sebuah unit apartemen Anda jual setelah jangka waktu cukup lama, maka nilai jualnya akan jauh lebih rendah jika dibandingkan nilai jual rumah konvensional,  karena memang semakin sedikitnya lahan untuk dibangun hunian.

Apartemen saat ini telah merupakan alternatif pilihan untuk tempat tinggal bagi masyarakat modern. Dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya, Anda sendirilah yang memutuskan apakah akan memilih untuk tinggal di apartemen atau perumahan konvensional karena kami sudah sedikit menguraikan mengenai kerugian serta kekurangan tinggal di apartemen.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah