Desain Rumah Tumbuh

Desain Rumah Tumbuh

Desain Rumah Tumbuh, istilah sebagian dari kita mungkin sudah mendengar, tapi pengertian yang tepat masih banyak yang mengartikannya salah. Sebetulnya konsep dari rumah tumbuh amat bermanfaat bagi banyak kita. Apalagi bagi yang belum atau tak punya dana yang cukup.

Di bawah ini merupakan beberapa penjelasan perihal desain rumah tumbuh dan ia punya manfaat.

1. Kita perlu memperjelas pengertian dari rumah tumbuh. Rumah tumbuh adalah hunian yg dibangun dengan cara bertahap. Umumnya tahapan itu disesuaikan dengan finansial atau kemampuan si pemilik.

Dan karena rumah tersebut dibangun secara bertahap, rumah tumbuh membutuhkan perencanaan yang khas dan tidak sama dengan rumah sekali dibangun langsung jadi. Rencana desain rumah itu haruslah memiliki konsep bergambar yang pembangunannya akan dikembangkan dikemudian hari.

Sehubungan dengan hal tersebut, haruslah diupayakan supaya pada saat penambahan ruangan bangunan dilakukan, maka bagian lama dari rumah tetap bisa sesuai (dalam hal desain maupun pola ruang) dengan ruang yang baru atau akan dibuat. Namun perobahan struktur bawah seperti pondasi atau sloof tak perlu dilakukan. Maka sudah tentu, hal ini harus ditangani seorang yang berpengalaman seperti arsitek dengan konsep yang matang.

2. Hal bermanfaat lainnya dari rumah tumbuh ialah ekonomisnya biaya. Dalam membangun desain rumah tumbuh, pemilik lahan tak perlu menunggu sampai ia punya dana yang banyak untuk membangun rumah yang utuh di sebuah lahan. Pembangunan bisa dilakukan bertahap serta terencana matang.

Dengan konsep desain bergambar, menjadi teramat penting dalam hal ini. Jika kita membangun rumah tumbuh tanpa menggunakan konsep bergambar, maka akan kesulitan dalam melakukan pengembangan ke depannya.

Dengan konsep desain rumah tumbuh yang telah direncanakan dari awal baik konsep desain maupun gambar, maka pekerjaan bisa lebih terukur serta terprogram. Ini tentunya amat membantu dalam menghitung perkiraan biaya agar tidak membengkak atau lari dari perkiraan.

3. Secara global desain rumah tumbuh dapat dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu rumah tumbuh horizontal dan horisontal.

Dari penggunaan 2 kata tersebut kita bisa menebak bahwa horizontal adalah penambahan ruangan secara mendatar dan vertikal ialah pengembangan ruang ke atas. Rumah tumbuh horizontal memungkinkan bagi lahan yang memadai sedangkan rumah tumbuh vertikal umumnya bertujuan untuk mengoptimalkan lahan yang sempit.

Sebagai tambahan bahwa rumah tumbuh secara vertikal memerlukan perencanaan yang lebih cermat di awalnya. Struktur dan pondasi haruslan didesain berdasarkan standart struktur sebuah bangunan.

4. Dengan hanya membeli tanah kosong, apakah desain rumah tumbuh dapat diterapkan? Apakah bisa dengan membeli rumah yang sudah jadi lalu kita menerapkan konsep desain rumah tumbuh?

Bisa saja! Kita bisa membeli tanah kosong dan menerapkan konsep rumah tumbuh di atasnya, dan Anda juga bisa membeli rumah jadi untuk kemudian diterapkan konsep rumah tumbuh, namun mungkin cukup sulit serta Anda perlu konsultasi dengan arsitek yang benar-benar berpengalaman. Memang ada rumah jadi yang mendukung konsep rumah tumbuh, namun saat ini semakin jarang pengembang menjual jenis seperti desain rumah tumbuh ini.

 

 

 

 

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek