Desain Rumah Fasad

--   --
Desain Rumah Fasad

Bermacam bentuk desain rumah fasad bisa dengan mudah kita temukan saat ini di beberapa pemukiman kota. Tak ada pengelompokan yang baku tentang model dan desainnya. Sebagian besar model dan <em>desain rumah fasad</em> mempunyai karakter yang berciri khas tertentu, sesuai dengan konsep desain bangunan tersebut secara keseluruhan.

Dilihat dari bentuknya, ada yang dinamakan desain rumah fasad geomoetrik. Yang mana fasad geometri ini adalah fasad yang mengusung unsur-unsur yang berbentuk geometris seperti kotak, segitiga, lingkaran, balok, atau kubus. Unsur bentuk geometris ini lalu diramu hingga tercipta suatu bentuk yang menarik, yang dapat mencirikan bangunan itu.

Desain Rumah Fasad

Desain rumah fasad geometrik salah satu bentuknya terlihat pada rumah fasad pada gambar ini. Fasad rumah tersebut adalah hasil perpaduan dari bentuk-bentuk kubus dan balok, yang tentunya diramu dengan cermat oleh sang arsitek. Beberapa balok diterapkan seakan akan berdiri vertikal di sudut bangunan. Dan bidang ini dilapisi batu alam, hingga dapat terkesan alami dan kokoh bagai menara.

Unsur balok yang berlapis batu alam ini dikombinasi bersama unsur balok yg lebih tipis dan lainnya pada pojok kiri bangunan tersebut. Pada gambar ini, bidang tersebut berwarna biru serta terlihat bagaikan menggantung di bagian bangunan. Semua balok tersebut dipisahkan dengan satu bidang balok yang tipis bagaikan papan dengan warna semen. Dan pada bidang tipis ini terdapat pula guratan-guratan dengan berpola horizontal bergaris. Pola dengan garis horizontal tersebut selain menjadikan elemen dekoratif di bagian desain fasad bangunan, juga dapat menjadi elemen yang geometris dan menyeimbangkan. Dengan adanya garis-garis horizontal ini diharapkan bisa membuat bangunan tersebut tidak terlihat amat tinggi menjulang.

Faktor yang juga membuat desain rumah fasad ini menarik ialah kombinasi dari warnanya. Warna dari batu alam ini menjadi warna dominan pada fasad bangunan tersebut. Penerapan warnanya juga digunakan sebagai tone warna pada pagar, yang juga merupakan kombinasi dari warna hitam dan abu-abu. Warna-warna lainnya seperti abut-abu dan putih pada bangunan dapat menjadi warna penyeimbang hingga fasad tersebut dapat tampil lebih cerah.

 

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah