Desain Rumah Split Level

Desain Rumah Split Level

Desain Rumah Split Level awalnya pengaplikasian lebih diperuntukan bagi rumah dengan lahan yang kecil, dalam menyiasati space yang terbatas. Tapi kali ini alasannya berbeda, konsep dari split level pada rumah yang berlokasi di sekitar Bintaro ini lbh dikarenakan untuk membedakan zona ruang supaya lebih memberikan kesan ruang yang berdimensi. Arti-nya di sini akan lebih menggunakan ketinggian ketimbang dinding sebagai alat pemisah sebuah ruangan, selain kamar mandi dan kamar tidur.

Desain Rumah Split Level

Rumah yg berada di atas lahan seluas 450 m² tersebut berupa bangunan dengan dua lantai yang di-pecah jadi empat level. Dari arah luar, sudah terlihat bangunan yang berjenjang dgn massa bangunan seolah-olah adalah perpaduan antara bentuk kotak persegi serta bentuk trapesium yg disusun ke dalam susunan tinggi-rendah dan maju-mundur untuk menegaskan dimensinya, amat mencirikan desain rumah split level. Gubahan dari massa kotak yang bersusun dipadukan juga dengan massa bangunan yang masif dan sengaja dimiringkan ke satu sisi menghadap ke arah muka. Dari kedua komposisi massa bangunan yang masif itu dipisahkan oleh kanopi kaca transparan hingga menampilkan kesan yang ringan diantara kedua massa bangunan itu. Desain rumah split level void yang beratap miring ke satu arah serta sebagian sisinya tembus pandang, seakan-akan menonjolkan skala ruang di dalam dari bangunan dua lantai itu.

Setiap bidang yang masif dilakukan pengolahan dengan finishing yang berbeda, semisal dikamprot atau diaci halus, lalu diberi dua jenis pewarna cat yang bernuansa alami. Sebagian yang ditutupi dengan batu andesit yg terpasang menggunakan cara susun sirih. Diantara bidang yang masif itu terdapat bidang yang seakan-akan diberi lubang dengan dinding kaca yang serta menerus ke atap, bagian ini juga tembus pandang guna tetap menjaga keseimbangan dari massa bangunan tersebut. Komposisi desain rumah split level yang dinamis dan atraktif ini guna membentuk bangunan yang berkarakter berbeda jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Untuk massa bangunan induk dgn skala ukuran yg lebih besar disambungkan dgn massa bangunan utama yg berfungsi utk kamar tidur utama, dengan membentuk formasi L.

Bagian bangungan induk  yg menghadap ke dalam dengan sengaja dibuatkan desain split level yang lebih sederhana agar mengoptimalkan fungsi ruang yang ada didalamnya. Pengaplikasian detail yg unik ini senada dgn massa bangunan di ruang tamu, diaplikasikan juga ke detail bangunan utama/privat. Bagian ini dirancang dengan pondasi konstruksi 2 lantai, tapi area roof yang berada di atasnya cuma dimanfaatkan sbg taman atap atau roof garden saja. Bentuk bidang miring sedikit diperlunak dengan memberikan tanaman cascade yang menjuntai ke bawah, merepresentasikan gambaran air terjun yang airnya jatuh ke bawah. Taman belakang diaplikasikan juga dan didesain menyerupai suasana resort bersama kolam renang serta taman tropikal yg mengisi lorong dan celah antara massa bangunan. Desain Rumah Split Leveldengan sensasi outdoor bisa kita dirasakan meskipun dari ruang tidur utama, sebab memiliki pintu akses langsung ke kolam. Permukaan kolam berada pd posisi 1 meter lebih tinggi dibandingkan permukaan taman. Di sini tepian kolam juga dibuat overflow supaya lebih terasa natural.

 Contoh Rumah Split Level

rumah-dengan-konsep-split-level

Desain rumah split level.

konsep-split-level-pada-desain-rumah

Contoh rumah split level.

desain-rumah-model-split-level

Gambar rumah split level.

rumah-desain-split-level

apakah-split-level-itu

rumah desain split level.

contoh-rumah-split-level                           Sumber: Desain rumah split level Griya Asri

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek