Desain Loft

Desain Loft

Desain Loft

Hunian Apartemen Loft Modern (loft apartement)

apa maksud desain loft Apartemen loft modern atau apartemen desain loft sejarahnya adalah hunian yang lahir dari bekas bangunan industri atau bangunan komersil. Dengan merenovasi atau merubah wajah bangunan gedung lama secara ekstrim, maka fungsi bangunan tersebut berubah secara total menjadi rumah tinggal apartemen. Biasa di Eropa peng-konversi-an fungsi ini dikarenakan kebijakan pemerintah setempat yang memutuskan agar sebuah lokasi dirobah peruntukannya atau kebijakan pemerintah yang mengharuskan pengembang untuk melakukan peremajaan terhadap gedung yang dikelolanya.

Apa Desain Loft Itu?

apa-loft-ituSaat Anda melihat sebuah pusat perkotaan di berbagai negara Eropa dan Amerika, maka Anda akan melihat bangunan apartemen loft yang megah mulai bertebaran.Apartemen desain loft di negara maju biasanya dibangun disekitar di wilayah industri, pusat bisnis, wilayah perkantoran di pusat kota dengan maksud agar penghuni lebih dekat dengan tempat dimana mereka beraktivitas sehari-hari, tanpa harus membeli tanah yang harganya bisa selangit dan tidak akan mungkin terbeli oleh mereka. Terlebih di wilayah perkotaan yang identik dengan kemacetan, maka rumah tinggal dengan konsep loft modern ini amatlah membantu seseorang untuk menghemat waktu perjalanan ke lokasi kerja. Konsep Desain LoftRumah Loft atau apartemen loft sebagai tempat tinggal masyarakat modern yang lebih terjangkau Konsep hunian apartemen loft modern, sangat cocok diterapkan di perkotaan padat penduduk seperti Jakarta. Dimana warganya berhasrat untuk dapat bertempat tinggal sedekat mungkin dengan tempat dimana mereka bekerja di wilayah pusat kota. Hanya saja mereka terkendala oleh mahalnya harga lahan di pusat kota untuk membangun sebuah rumah. Maka dari itu konsep desain apartemen loftbiasanya dibuat teramat sederhana serta minim penyekat. Dan ornamen serta material yang ada di dalamnya pun hanyalah material standar untuk kelas hunian yang terjangkau oleh masyarakat.   Namun saat ini desain loft atau Apartemen Loft lebih dibuat mengikuti tren arsitektur yang ada saat ini. Dan tidak terlihat bahwa hunian ini sebenarnya diperuntukkan bagi masyarakat kelas bawah. Dengan mengikuti tren yang berlaku, maka penggunaan material menjadi beragam hingga interior apartemen loft tersebut tidak ubahnya seperti interior apartemen pada umumnya.

Desain Apartemen Loft Modern

(ciri dan contoh desain loft – loft design)

Mungkin dibenak Anda bertanya: apa maksud desain loft atau apa loft itu?Desain apartemen loft sebelumnya dicirikan dengan dinding eksterior bata ekspos, lantai kayu vintage, dan balok ekspos. Langit-langit terbuka dan agak tinggi serta maksud-desain-loftsaluran instalasi, balok, kasau, atau pipa terlihat. Memiliki bukaan jendel yang besar dengan banyaknya peluang cahaya matahari untuk masuk. Panel kaca besar dibiarkan telanjang dengan daun jendela atau tirai. Interior apartemen loft modern umumnya dikombinasi dengan gaya desain minimalis modern, atau dapat juga sedikit sentuhan natural. Anda juga akan melihat gaya desain perkotaan yang sering mengkombinasikan unsur kayu, kaca, sedikit metal dengan unsur-unsur alami seperti tanaman serta batu alam untuk melembutkan nuansa metropolitan pada desain loft ini.

Desain Interior Loft

Desain Interior Loft menggunakan skema warna yang cenderung ke arah netral seperti putih, coklat, krim, abu-abu atau kelabu tua. Namun saat ini seiring dengan semakin tren-nya konsep desain fasad serta minimalis, pada interior (bahkan eksterior) apartemen loft telah banyak yang menerapkan tema warna yang berani dan lebih bervariasi seperti merah, oranye, hijau, dan lainnya. Karena interior apartemen loft yang terbuka dan terkesan luas karena minimnya penyekat, maka sangat ideal untuk menggunakan palet warna yang kohesif. Untuk langit-langit pada konsep desain loft umumnya dicat dalam warna gelap untuk menyamarkan instalasi yang terbuka tadi. Saat ini desain interior apartemen loft telah banyak yang justru berani menampilkan elemen yang ada pada langit-langit tersebut, misalnya dengan memberi warna berani pada instalasi AC, atau memberi warna yang agak terang pada struktur balok yang terlihat.   Desain interior Loft modern, seperti halnya konsep desain lainnya harus memiliki rencana lantai yang fungsional dan nyaman dengan ruang untuk relaksasi, menghibur, penyimpanan, dan untuk aktivitas penghuni. Pembagian ruang bisa saja menggunakan elemen penyekat partisi dan kaca sliding atau melipat, shojis Jepang, atau panel kain. Penegasan fungsi ruangan yang berdekatan pada konsep desain loft dapat dengan memberikan warna yang berbeda desain interior loftpada lantai, atau menggunakan karpet yang berbeda. Karpet dapat membantu menggambarkan fungsi yang berbeda, misalnya ruang tamu dan ruang yang mana dua ruangan ini sering kita dapati berbedekatan antara satu dengan lainnya. Desain Loft>>

Apakah Tren Desain Loft Akan Booming Di Indonesia?

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek