Desain Lantai Sesuai Tipe Rumah

Lantai merupakan salah satu unsur yang menentukan identitas sebuah rumah. Harga dan jenisnya pun bermacam-macam sesuai dengan desain dan kebutuhan. Secara umum, bahan lantai yang ada di pasaran bisa dibedakan menjadi dua,  yaitu jenis lantai alami dan buatan.

Untuk jenis lantai alami bisa berupa kayu, bebatuan yang dipotong seperti marmer, granit dan limestone. Sedangkan keramik, semen dan vinyl masuk pada kategori lantai buatan. Kayu dahulunya merupakan bahan bangunan yang banyak tersedia hingga dapat digunakan pada semua elemen bangunan seperti lantai, dinding atau plafon.




Lantai yang terbuat dari kayu sampai sekarang masih populer untuk digunakan pada rumah tinggal, karena penampilannya yang alami serta mampu memberikan kesejukan pada sebuah ruang. Sifatnya yang fleksibel mampu memberikan suasana klasik, elegan, kontemporer maupun modern. Lantai ini sangat cocok digunakan untuk rumah berdesain natural, alami, tradisional atau desain lantai yang bernuansa etnik.

Lantai granit dan marmer umum digunakan untuk alas rumah, lantai jenis ini sangatlah kuat dan tidak getas, oleh karena itu cocok untuk menahan beban yang cukup berat. Penampilannya pun sangat mewah dengan bermacam-macam motif serta corak. Namum perawatannya cukup sulit. Granit dan marmer umumnya dipakai untuk tipe rumah mewah dan modern.

Jenis penutup lantai yang saat ini populer di Indonesia ialah keramik. Ini karena harganya sangat bervariasi, dari yang termurah, sedang hingga termahal. Warna, Motif serta ukuran keramik pun beragam dari marmer, kayu hingga limestone.

Penerapannya pun saat ini tidak terbatas hanya untuk lantai saja, namun dinding pun tampak lebih indah bila dilapisi dengan keramik. Jenis lainnya ialah Lantai Vinyl. Lantai ini sangatlah praktis untuk merubah tampilan ruangan. Pada bagian bawah ada lem yang mudah ditempelkan pada lapisan plesteran lantai. Jika bosan, Anda tinggal melepasnya dari perekat dan menggantinya dengan motif lainnya. Jenis ini sangat cocok untuk rumah tipe minimalis dan rumah mungil. (NOVA)

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek