Cara Dan Syarat Membeli Rumah KPR

Cara Dan Syarat Membeli Rumah KPR

cara kredit rumah lewat kprFasilitas dari bank ini sebut juga KPR, singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Prinsipnya sama dengan leasing saat kita mengambil kredit sepeda motor atau mobil. Pihak leasing akan membayar motor atau mobil secara tunai, maka anda akan mencicil kepada bank untuk mengembalikan uang leasing yang telah dibayarkan untuk membeli motor/mobil tersebut.

Cara-cara dan syarat untuk memperoleh KPR

Anda bisa memperoleh KPR  jika memiliki sekitar 25 hingga 40% dana awal dari nilai rumah itu sendiri.   Namun bergantung dari kebijakan bank itu sendiri. Nanti anda akan diminta untuk memenuhi berbagai persyaratan tertentu:

-fotokopi KTP pemohon,
-Surat Nikah (jika sd bercerai sertakan surat cerai)
-KK atau Kartu Keluarga
-Keterangan WNI
-Slip gaji bagi pekerja/pegawai
-Surat keterangan dari tempat bekerja bagi pekerja/pegawai
-Akta perusahaan atau SIUP jika wiraswasta (pengusaha)
-Surat Izin  Profesi jika anda seorang profesional (seperti dokter,pengacara,phikolog,arsitek dll)
-Dokumen dari barang yang diagunkan (SHM,IMB, PBB)
-Informasi 3 bulan terakhir rekening tabungan.

Anda juga harus tahu terlebih dahulu kondisi, status, keberadaan rumah yang akan dibeli serta carilah informasi sebanyak-banyaknya bank mana yang dirasa cocok bagi anda, baik dari segi suku bunga dll. Namun jika anda tertari membelik rumah baru yang dibangun plus fasum dan prasarananya (biasanya kita menyebutnya “rumah kompleks”) dari sebuah pengembang, biasanya pihak pengemabang tersebut akan menawarkan pihak bank yang telah bekerja sama dengan mereka. Sesuaikan besaran cicilan KPR dengan kemampuan anda serta type ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih juga pihak bank yang memberikan keringanan pada kita untuk mencicil uang muka, karena bagi sebagian kita mungkin akan tetap terasa berat untuk menyediakan uang sejumlah 25% dari nilai rumah tersebut sebagai uang muka. System bunga juga perlu anda ketahui, apakah sudah baku atau bisa berobah dalam jangka waktu tertentu. Biaya-biaya apa saja yang perlu dikeluarkan selain cicilan pokok selama anda membayar cicilan kepada bank.

Rajin-rajinlah dan jangan malu bertanya kepada orang yang lebih tahu agar kita bisa membandingkan bank mana yang cocok bagi anda, karena setiap bank berbeda pula fasilitas serta promosi yang diberikan. Bagi anda pegawai negeri sipil, TNI atau POLRI biasanya ada bank yang telah bekerjasama dengan instasi tempat anda bekerja. Fasilitas yang tersedia misalnya subsidi uang muka, sehingga lebih ringan bagi Anda. Nantinya Bank akan menyeleksi pihak-pihak konsumen yang akan mengajukan KPR, dan juga menyeleksi pengembang atau developer yang membangun rumah/perumahan. Nantinya Bank akan memutuskan bahwa anda layak mendapat KPR jika kemampuan anda dari segi penghasilan mencukupi. Layaknya nominal penghasilan anda adalah 3 kali lipat dari nilai cicilan nantinya. Juga ada atasan umur maksimal 55 tahun untuk karyawan. Jika anda sudah menentukan piliha rumah dan bank mana yang cocok… mintalah informasi pengajuan kredit, nantinya bank akan meminta data seperti yang telah kami jelaskan di atas. Setelah persyaratan Anda bawa ke bank, nantinya pihak bank akan memanggil anda untuk diadakan wawancara. Bila wawancara disetujui, Anda dapat membayarkan uang muka pembelian rumah ke pengembang (yang membangun rumah) dengan nilai antara 25 hingga 40% tadi. Lalu tunggulah keluarnya SPPK (surat persetujuan perjanjian kredit). Langkah selanjutnya adalah anda harus menemui menemui notaris untuk menandatangani akta kredit mengurus sertifikat, lalu tahap selanjutnya adalah penyerahan kunci. Sertifikat rumah tentunya masih ditahan oleh pihak bank sampai cicilan anda kepada bank lunas.

Daftar Bank Yang Menyediakan Fasilitas KPR

Ada banyak bank yang menyediakan fasilitas KPR, dan semuanya menawarkan berbagai kemudahan serta kelebihan. Namun sebaiknya pilihlah bank dimana selama ini anda menabung.
Bank-bank tersebut antara ialah:

BTN – KPR Griya Utama
Bank Mandiri – KPR Graha Mandiri
Bank Muamalat – KPR Muamalat
BII – KPR BII
BNI – BNI KPR
BRI – KPR BRI
BCA – KPR BCA
dan lain-lain

Sebagai informasi tambahan bahwa KPR saat ini telah berkembang, tidak hanya untuk membeli rumah, membeli serta desain apartemen bisa juga menyewa, membangun bahkan renovasi rumah. Jka membangun rumah diatas tanah yang anda dimiliki, maka anda bisa mengagunkan tanah tersebut kepada bank yang memberikan kredit, tentunya setelah pihak bank mensurvey atas kelayakan nilai jual tanah anda tersebut.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek