Berbagai Type Dan Jenis Dapur

Berbagai Type Dan Jenis Dapur

Berpedoman pada pembagian zona tersebut, layout dapur dapat ditata dalam beberapa type, tergantung kebutuhan dan luas ruang yang tersedia. Semoga penjelasan ini bisa menjadi pedoman bagi anda, terutama yang memiliki space ukuran ruang terbatas, kecil dan sempit.  Type-type tersebut antara lain:

Dapur dalam satu garis linear (Single Line Kitchen)

Layout ini berupa sebuah garis linear. Artinya, seluruh aktivitas dapur menempel di dinding. Type ini cocok untuk ruangan sempit, memanjang atau untuk dapur mungil. Bak cuci biasanya diletakkan di tengah, diapit kompor dan kulkas. Sangat cocok untuk ruang sempit dan kecil. (lihat gambar 1)




Dapur Type Koridor (Double Line Kitchen)

Layout dapur seperti ini bisa diletakkan pada kedua sisi dinding yang saling berhadapan, bisa pula pada salah satu sisi dinding dan area di tengah ruang. Layout yang kedua membuat area yang berbeda di tengah bisa diakses dari dua arah. Sebagai alternatif penataan, dapur bisa ditata menjadi zona masak dan air bersih untuk satu sisi, sementara di sisi lain untuk zona penyimpanan. Alternatif lain lagi, dapur dirancang dengan zona masak yang terpisah, sementara di kedua zona yang lain diletakkan di sisi yang sama. (lihat gambar 2)

Dapur Type L

Dapur ini menciptakan area sirkulasi yang optimal atau ruang gerak yang lapang bagi penggunanya. Amat cocok untuk type dapur besar maupun kecil. Sebagai alternative penataan, gunakan sisi panjangnya sebagai zona memasak dan letak bak cuci, sementara zona penyimpanan diatur di sisi yang lain. Jika salah satu sisi L terlalu panjang, letakkan tiga zona tadi di sudut. Dengan demikian letaknya saling berdekatan. (lihat gambar 3)

Dapur Type U

Merupakan salah satu type dapur yang dapat menciptakan tempat penyimpan yang cukup banyak da efektif, ketiga sisinya bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Penataan zonanya juga lebih fleksibel, tergantung kebutuhan penggunanya. (lihat gambar 4)

Dapur Dengan Island

Biasanya layout-nya terbentuk dari type single line atau type L dengan tambahan island (meja tengah). Selain berupa meja permanen, island juga bisa berupa meja kerja berbentuk troli yang mudah dipindahkan. Dapur ini banyak disukai, sebab perancangannya banyak dan fleksibel. Fungsi island sendiri tidak hanya sebagai meja kerja atau kompor, namun bisa pula berfungis sebagai pemisah dapur dan ruang dengan denah terbuka.. (lihat gambar 5)

Setelah membaca artikel ini kami harapkan menambah inspirasi anda dalam men-desain dapur terutama bagi anda yang memiliki rumah kecil dan sempit… memikirkan terlebih dahulu konsep apa yang cocok untuk ruang besar atau kecil adalah langkah yang sangat bijaksana.

Baca juga artikel ini: Dasar Dan Cara Mendesain Dapur, Zona Dalam Dapur, Definisi Dapur Kotor & Bersih.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa_arsitek