Biaya Desain Rumah, Berapa?

--   --
Biaya Desain Rumah, Berapa?

Berapa biaya desain rumah ? Menanggapi banyaknya pertanyaan di benak para konsumen mengenai Berapa Biaya Desain Rumah, pada artikel ini kami sedikit menjelaskan berapa angka yang pantas Anda keluarkan untuk membayar keringat seorang arsitek melalui jasanya tersebut. Dan mengapa terdapat perbedaan harga yang fantastis antara jasa arsitek A dengan B.

Nilai yang harus Anda keluarkan untuk biaya desain rumah dan jasa arsitek sangatlah bervariasi, terlebih di internet ini. Persaingan yang amat ketat oleh sesama arsitek (atau orang yang mengaku sebagai arsitek) baik perorangan atau arsitek yang tergabung ke dalam sebuah lembaga usaha, membuat Harga atau Biaya Desain Rumah (misalnya) teramat murah untuk saat ini. Atau banyak juga terdapat perbedaan biaya desain rumah yang mencolok antara arsitek satu dengan lainnya. Terlebih bila jasa tersebut hanyalah di tangani oleh perorangan. meta: “berapa biaya desain rumah”

Biaya Desain Rumah

Terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangan jika menggunakan Jasa Arsitek Murah, walaupun beberapa konsumen ada yang tidak peduli dengan faktor-faktor tersebut asalkan bisa membayar dengan semurah-murahnya.

1.    Pertanggung jawaban struktur : Hal yang amat perlu diperhatikan dalam desain sebuah rumah adalah stuktur. Struktur ini adalah hal yang memegang peranan penting terhadap sebuah bangunan. Sebagus apapun sebuah desain arsitektur, akan tidak berarti bila struktur yang digunakannya didesain dengan sembrono serta tanpa melalui persyaratan yang seharusnya ketat.

Dalam hal ini Anda dapat menanyakan pada si arsitek apakah mereka memiliki SIBP (Surat Izin Bekerja Perencana) atau yang sekarang desebut IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan). IPTB ini adalah semacam lisensi yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau perusahaan berkaitan dengan standar struktur bagunan. Apakah Anda mau mempercayakan ketahanan rumah Anda terhadap waktu dan cuaca kepada seorang arsitek yang ternyata tidak memilik sertifikasi ini?

2.    Desain Struktur: Menentukan struktur yang diperlukan dari rumah adalah sangat mudah dan cepat untuk dikerjakan bila hanya mengambil template dari seorang arsitek yang telah tersimpah di database komputer mereka. Dalam waktu kurang dari satu hari, produk desain struktur yang terangkum ke dalam gambar-gambar kerja tersebut sudah siap dihadirkan pada konsumen untuk kemudian diterapkan pada proyek pembangunan sebuah rumah.

Ini artinya bahwa desain struktur tersebut adalah desain yang pernah diterapkan pada desain rumah sebelumnya. Yang mana desain struktur tersebut pada hakekatnya belum tentu cocok untuk diterapkan pada bangunan yang akan dikerjakan. Namun ini adalah hal yang paling umum dilakukan demi menekan biaya desain rumah.

Banyak alasan yang mengatakan mengapa desain struktur dari setiap bangunan hampir pasti berbeda, salah satunya ialah faktor kondisi tanah. Sebuah desain struktur yang diperuntukan bagi kondisi tanah yang keras, tentunya tidak cocok untuk diterapkan pada tanah dengan tingkat kepadatan sedang atau rendah, demikian juga sebaliknya. Hal lain ialah faktor ketinggian bangunan yang tentunya berbeda pula beban yang dihasilkan, berarti Anda juga dapat menyimpulkan bahwa struktur yang diperlukan juga berbeda. Dan banyak hal-hal mendasar lainnya yang membuat hal ini tidak bisa disamakan. < biaya desain rumah >

3.    Ide Desain: Perbedaan harga desain yang mencolok akan dipengaruhi oleh faktor yang satu ini. Biaya desain rumah semurah apapun tentu akan menjadi mahal bila ternyata desain yang dijual tersebut adalah hasil copy paste. Memang beberapa konsumen tidak mempedulikan hal ini selama desain tersebut masih menjadi tren dan sesuai dengan keinginan mereka. Tapi apakah cocok dengan kebutuhan serta pola ruang yang ada?

Apakah anda tetap memutuskan untuk memilih jasa arsitek hanya karena jasa biaya desain rumah yang murah?

Layaknya profesi lain, seorang arsitek pada dasarnya juga harus dituntut memiliki idealisme yang tinggi dan tidak hanya demi menghadirkan biaya desain rumah yang murah. Seorang arsitek seharusnya tidak melayani keinginan konsumen yang menuntut sebuah desain untuk sama persis dengan rumah tetangga mereka mereka misalnya. Artinya si arsitek harus mengeluarkan ide murni mereka untuk disajikan pada konsumen, untuk kemudian dikoreksi serta disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan serta aktifitas keseharian si konsumen itu sendiri.

Ironisnya saat ini banyak arsitek (atau orang yang mengaku arsitek) terlalu memanjakan konsumen dengan menuruti segala keinginannya agar proses pekerjaan menjadi cepat serta tidak bertele-tele dan juga agar dia dapat menekan biaya desain rumah nantinya. Padahal seharusnya arsitek tersebut harus memberikan berbagai pertimbangan mengenai sebuah desain, apakah keinginan konsumen tersebut cocok untuk diterapkan atau tidak pada pola ruang, orientasi, masa bangunan, kontur tanah, iklim setempat, arah matahari, kondisi lingkungan perumahan disekeliling dari bangunan yang ada. Intinya banyak faktor yang perlu untuk dipertimbangkan apakah sebuah desain cocok untuk diterapkan nantinya.

 Berapa Biaya Desain Rumah Yang Wajar?

Sampai di sini tentunya Anda dapat mengambil keputusan apakah akan mempercayakan desain rumah kepada Arsitek Yang Murah atau arsitek dari sebuah perusahaan jasa konstruksi dengan tarif yang masuk akal? Dan Anda dapat menyimpulkan bahwa, biaya desain rumah atau membangun rumah permeter bukan hal yang utama dalam menjaga investasi seumur hidup Anda tersebut.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah