Agar Hemat Listrik Di Rumah

--   --
Agar Hemat Listrik Di Rumah

Cara yang benar dan tepat dalam menggunakan perangkat elektronik bukan saja bisa menghemat listrik, tetapi juga dapat membuat perangkat tersebut dapat awet dan berumur panjang. Pada artikel ini kami mengulas bagaimana agar hemat listrik di rumah.

Menggunakan Lampu Agar Hemat Listrik

1. Rajinlah membersihkan bola lampu dari debu. Kotoran atau debu pada lampu dapat mengurangi tingkat pencahayaan hingga 5%.

2. Pada siang hari bukalah gorden atau tirai rumah Anda. Ini selain membuat cahaya matahari bebas masuk ke dalam ruangan, juga membuat ruangan tersebut menjadi lebih sehat. Cara ini tentu akan lebih menghemat listrik karena jika ruangan tersebut terang akibat sinar matahari bisa masuk, maka tidak tidak perlu lagi menyalakan lampu.

3. Gunakan beberapa titik lampu dengan kebutuhan daya listrik yang rendah. Ini lebih baik daripada menempatkan satu titik lampu, namun dengan kebutuhan daya yang besar. Jika kita menempatkan beberapa titik lampu dengan kebutuhan daya yang lebih rendah, maka kita dapat menyesuaikan kebutuhan tingkat pencahayaan dalam ruangan tersebut. Jika dirasa tidak memerlukan pencahayaan yang tidak terlalu terang, maka kita cukup menyalakan lampu sebagian.

Menggunakan Setrika Agar Hemat Listrik

1. Jika setrika dirasa sudah terlalu panas, maka matikanlah untuk sementara hingga dirasa perlu untuk menyalakannya kembali agar panas lagi. Atau aturlah tingkat kebutuhan panas setrika sesuai dengan bahan pakaian yang akan Anda setrika. Jika dirasa tidak memerlukan panas yang tinggi (seperti baju dari bahan wol) maka turunkanlah pengaturan panasnya. Karena tentunya kita tahu bahwa semakin tinggi panas, maka semakin tinggi daya listrik yang dibutuhkan.
2. Menggunakan setrika otomatis akan lebih baik. Jenis setrika seperti ini akan mati dengan sendirinya jika sudah mencapai tingkat panas tertentu.
3. Rajinlah membersihkan bagian bawah pada setrika. Jika setrika yang sudah terlalu sering, biasanya akan banyak terdapat kerak di bawahnya yang akan menghambat panas.
4. Selalu periksa pekerjaan Anda, jika sudah tidak menggunakan setrika, pastikanlah bahwa Anda sudah mematikan arus listriknya.

Agar Kulkas Hemat Listrik

1. Hindari masukkan minuman atau makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Ini dapat membuat kinerja kulkas akan lebih berat. Semakin berat kinerjanya, tentunya akan membutuhkan daya listrik yang besar.
2. Hindari type kulkas yang ruangan pembeku atau freezer-nya tergabung dengan ruangan pendingin biasa. Pilihlah kulkas type dua pintu. Untuk sekedar info bahwa ruangan freezer pada kulkas membutuhkan daya listrik yang jauh lebih besar, oleh karena itu janganlah terlalu sering membuka tutup ruangan freezer ini.
5. Berilah jarak antara kulkas dengan dinding di belakananya sekitar minimal 15 cm. Ini agar mesin kulkas tidak panas akibat sirkulasi udara yang tidak lancar. Jika kulkas panas, maka penggunaan daya listrik akan lebih besar.

Menggunakan Mesin Cuci Agar Hemat Listrik

1. Jika tidak mendesak, hindarilah penggunaan fasilitas pengering pada mesin cuci tersebut. Untuk mengeringkan pakaian Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari. Ini karena kebutuhan daya listrik pada fasilitas pengeringan adalah amat besar.
2. Pilih mesin cuci yang memiliki fasilitas pengeringan dengan cara memutar tabungnya. Dan jangan memilih mesin cuci yang fasiltas pengeringannya menggunakan system pemanas, karena ini membutuhkan listrik yang amat besar. Fasilitas pengering dengan memutar tabung harus mampu berputar dengan kecepatan 1600rpm atau bahkan 1800rpm.
3. Hindari mencuci baju melebihi batas maksimal kemampuan cuci si mesin. Ikutilah petunjuk kapasitas mesin cuci.
4. Carilah merk atau type yang penggunakan listriknya rendah (kurang dari 0,9kwH/siklus). Untuk penggunaan rumah tangga, rasa-nya tidak perlu mesin cuci besar yang tentunya membutuhkan daya listrik yang besar pula. Ini semuar agar kebutuhan listrik Anda di rumah bisa hemat.

About Author

armin


Protected by Copyscape DMCA Copyright Detector jasa arsitek desain rumah